Belajar Bahasa Inggris Dari Nol Sampai Jago? Bisa!

0
73
kampung inggris

Alasan kenapa Gagal bicara Bahasa Inggris.

 

  • Metode yang salah.

    Percaya atau tidak, selama bertahun-tahun, kita telah di brainwash (baca : cuci otak) oleh sistem pendidikan di sekolah mulai tingkat SD sampai perguruan tinggi dengan mempercayai bahwa belajar sebuah Bahasa itu harus dimulai dengan menghafal vocab satu-satu. Bagaimana mungkin kita bisa bicara jika tidak memiliki perbendaharaan kata? Begitulah kira-kira apa yang ditanamkan ke otak kita selama ini oleh sistem pendidikan kita, oleh guru kita di sekolah. Dan kita disuguhi buku berisi kata-kata, rumus kalimat atau pengerjaaan soal-soal dan menjawab pertanyaan dari sebuah cerita. Wah.. kapan bisa bicaranya? Well, itu salah besar!
    Karena pada hakekatnya, cara alami otak belajar sebuah Bahasa dimulai dengan mendengar dan meniru, bukan membaca dan manghafal rumus kalimat.

 

  • Tidak Ada Praktek.

    Semua kemampuan keahlian atau skill selalau dan harus didapat dengan melalui proses pengulangan dengan intensitas yang tinggi sehingga menjadi sebuah kebiasaan atau bagian yang tak terpisahkan dari diri seseorang. Silahkan sebutkan satu saja sebuah keahlian yang bagus yang bisa dikuasai tanpa melalui proses pengulangan yang tinggi. Semua pemain sepakbola professional selalu berlatih untuk mempertajam skillnya di lapangan hijau. Semua petinju professional dan atlet lainnya meluangkan waktu berjam-jam untuk praktek dan mengasah skillnya menjadi lebih baik. Begitu pula Bahasa, memerlukan praktek yang tinggi, jam terbang kamu akan menentukan hasil dari belajar bahasamu.

 

  • Kelas yang monoton atau membosankan.

    Well, jika sahabat Kampung Inggris merasakan bahwa kelas yang monoton adalah kelas yang membosankan dan bikin belajar ga asik, congrats! You are not alone. Kamu ga sendirian. Bahkan kenyataanya, hampir semua siswa yang tidak menyukai Bahasa Inggris dikarenakan suasana kelas yang ga asik, dan akibatnya belajar jadi sulit. Itu sebabnya, akhirnya Bahasa Inggris menjadi salah satu momok di sekolah, karena dirasa susah. Padahal.. English is so much fun guys.

 

  • Selalu Rumus, Rumus Grammar.

    Jika Kamu mulai belajar dari nol dan kemudian kamu disuguhi rumus grammar, rasanya seperti makanan gorengan pake cabe trus ga ada air! Semakin susah saja belajar Bahasa Inggris deh. Gini guys, rumus-rumus grammar adalah tentang benar salahnya susunan sebuah kalimat dalam Bahasa Inggris, dan itu hanya akan memicu otak kiri kita untuk selalu aktif menilai benar-salah. Dan ahirnya hanya akan memunculkan rasa takut untuk berbicara, dan akan menghalangi kemampuan alami kita untuk berbicara secara spontan. Jadi? Bisakah berbicara tanpa memakai rumus grammar dalam kalimat kita? Tidak bisa. So, bahagimana seharusnya? Well, inilah metode yang ada di DC Two English yang memungkinkan kamu bicara benar secara grammar tanpa harus mikir rumusnya.

 

  • Menghafal vocab satu-satu.

    Mungkin terdengar aneh, tapi DCTwo telah lama meninggalkan metode “usang” ini. Walaupun masih banyak kursusan atau guru yang menerapkan metode ini, dan dengan bangga megatakan telah hafal sekian ratus vocabularies. Wow!! The truth is, vocabularies don’t make you speak, they just help you mentioning things. Kemampuan berbicara yang baik sangatlah berbeda dengan kemampuan menyebutkan nama-nama benda. Ditambah lagi dengan perbedaan susunan kalimat dan grammar yang berbeda antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang akan membuat proses penerjemahan kalimat menjadi semakin rumit. Akhirnya, speakingnya loading terus….

 

  • Ga suka gurunya.

    Berita buruk, tapi diakui atau tidak, ini adalah fakta yang tidak bisa dipungkiri yang terjadi di negeri kita dengan sistem pendidikan yang sedemikian rupa tidak mendukung pada kenyamanan dan kecepatan siswa menguasai Bahasa Inggris. 80% siswa yang telah dating ke DC Two memiliki pengalaman serupa dimana dimasa sekolah mereka tidak suka dengan gurunya, cara mengajarnya dan akhirnya lebih memilih untuk keluar di kantin atau ke UKS.

 

  • Ga PeDe

    Ini adalah penyebab kegagalan bicara dalam Bahasa Inggris yang paling klasik dan jika kamu mengalami ini, you are normal. Karena semua siswa program EMACS pada awalnya tidak satupun yang merasa Pede untuk biacara Bahasa Inggris. Di program 3 atau 6 bulan , kamu akan merasakan bahwa bahasa Inggris menjadi bagian dari kebiasaanmu dan menjadikanmu otomatis PeDe, bahkan super PeDe!