5 Kesalahan Belajar Bahasa Inggris Umum Yang Dilakukan Setiap Orang

0
149
5-kesalahan-belajar-bahasa-inggris-umum-yang-dilakukan-setiap-orang
kampung inggris

Hello sahabat cerdas Kampung Inggris, apakah kamu salah satu dari sekian banyak orang yang telah mengenal dan bahkan belajar bahasa Inggris sejak di bangku sekolah dasar sampai perguruan tinggi tetapi belum juga bisa berbicara bahasa Inggris? Apakah selama ini kamu menghafal kosakata satu per satu  sampai puluhan bahkan ratusan tetapi kemudian 90 persen yang kamu hafalkan lenyap di minggu selanjutnya? Pernahkah kamu berfikir betapa sia-sianya waktu berjam-jam yang kamu habiskan di dalam kamar hanya untuk menghafal kosakata?

Let’s study the smart way. Yuk, belajar bahasa Inggris dengan cara cerdas.

  • Berfokus pada Grammar

Berbicara adalah kemampuan alami yang terasah melalui proses pengualangan yang tinggi dan komunikasi alami. Kemampuan berbicara didapatkan melalui proses mendengar yang benar, dan mengimitasi atau meniru dengan benar. Bukan mempelajari aturannya! Bahkan menghafal rumus penyusunan kalimat, karena hal itu hanya akan merangsang otak kiri untuk lebih aktif. Di saat otak kiri aktif, kemampuan berbicara alami akan terhambat karena ada proses mengoreksi salah atau benar dalam otak. You see? Don’t study the rules, but simply apply the rules.

  • Menghafal Vocab atau kosa kata satu per satu.

Mungkin masih ada banyak di antara kamu yang menganggap bisa menghafal puluhan sampai ratusan vocab itu keren, but wait! Bahasa inggris ga sesederhana itu, punya koleksi banyak vocab belum bisa membuat kamu berbicara dengan baik dalam bahasa Inggris lho!

Loh , kenapa bisa? Karena ternyata, banyak kalimat dalam bahasa bahasa Indonesia yang tidak bisa langsung diterjemahkan secara literal atau kata demi ke dalam bahasa Inggris. Hal ini karenakan adanya perbedaan budaya di antara kedua bahasa. Ditambah lagi dengan adanya colloqualisme, idiom, kata kerja phrase yang akan membuat proses penerjemahan tidak semudah tahu rumus grammar dan menyusun kalimat.

Contoh sederhana dari kejadian nyata siswa yang memiliki banyak vocab:

I always package my rice when I eat in An nur restaurant.

Maksudnya adalah : Saya selalu membungkus nasi saya jika makan di restoran An nur.

Ini adalah kalimat yang salah, karena pemakaian kata package bukanlah membungkus makanan.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena siswa terlalu banyak dijejali dengan menghafal vocab, dan akhirnya menyusun kalimat versi sendiri yang terdengar “silly”.

  • Belajar hanya buku teks formal Bahasa Inggris

Dalam kehidupan nyata, tidak ada orang yang berbicara seperti orang-orang dari buku teks, jadi singkirkan buku teks yang formal. Gunakan materi nyata yang orang Amerika dan Inggris sering praktekkan. Mulailah belajar untuk bertanya dan menjawab, menyusun ide lalu menjelaskan, bukan dengan membaca buku teks yang berisi materi atau cerita yang membosankan.

  • Berusaha menjadi sempurna

Sempurna? You know what, bahkan para penutur asli sekalipun terkadang, membuat kesalahan tentang Grammar mereka, so jika kamu adalah siswa yang sedang belajar bahasa Inggris, tak perlu meninginkan bisa berbicara sempurna tanpa kesalahan. Percayalah, jika proses belajar yang kamu lalui benar, maka hasil yang kamu capai juga akan sepadan. That’s it, no excuse.

Ditambah lagi, keinginan untuk bisa sempurna akan menggangu konsentrasi berbicara , dan akhirnya akan menghalangi kelancaran berbicara.Atau dalam kasus yang banyak terjadi membuat siswa menjadi tidak percaya diri, karena takut membuat kesalahan.

  • Saya ga bakat bahasa ,saya ga pintar belajar bahasa Inggris

Pernah ga kamu berfikir bahwa kamu kesulitan belajar bahasa Inggris Karena kamu ga cerdas? Atau kamu ga punya bakat dalam bahasa Inggris?

Well, kemampuan berbicara dalam bahasa tertentu adalah skill, sahabat. Menjadi lancar, mendarah, daging dan alami karena proses pengulangan, pembiasaan dengan frekuensi yang sangat tinggi. Jadi stop berfikir bahwa untuk bisa bicara bahasa Inggris dengan lancar, kamu harus menjadi orang yang jenius dulu. Praktekkan bahasa Inggris sesering mungkin, jika tidak tahu, maka tanyakan kepada tutor, jika ada kesalahan , it’s ok. Karena itu adalah bagian dari proses belajar.

So, be smart, sahabat. Belajarlah dengan metode yang terpercaya dan tercepat!