100% PD Bicara dalam Bahasa Inggris, Ini Rahasianya!

0
125
100-pd-bicara-dalam-bahasa-inggris-ini-rahasianya

Hello Sahabat hebat Kampung Inggris di seluruh penjuru Indonesia. Pernahkah sahabat mencoba bicara dalam bahasa Inggris atau sedang praktek bahasa Inggris dengan tutor, senior, atau native speaker tapi merasa ga percaya diri? Lalu akhirnya tiba-tiba semua kata hilang, tiba-tiba keberanian berbicara menjadi menciut, bahkan hal-hal yang mungkin sudah disiapkan lupa seketika walaupun ada banyak hal yang ada dalam kepala
ga mau keluar? Dan akhirnya tidak berbicara bahasa Inggris sama sekali?
Pernahkah melihat seseorang yang bicara bahasa Inggris dengan lancar, praktek dengan bule, dan kamu merasa bahwa sebenarnya kamu juga bisa bicara seperti dia, atau bahkan kamu merasa bisa lebih baik? Tapi kenapa kamu tetap susah dan ga percaya diri bicara dalam bahasa Ingris?

Yuk, kita bongkar rahasia menjadi percaya diri dalam bicara bahasa Inggris.

1. Never Say “I’m Sorry, My English is Still Bad”
Saat kamu praktek bahasa Inggris, jangan pernah mengatakan kalimat ini ketika praktek bahasa Inggris karena memang merasa belum bagus dan belum percaya diri atau belum lama belajar bahasa Inggris. Banyak sekali siswa atau pembelajar bahasa Inggris yang memulai percakapan dengan
kalimat-kalimat berikut:
“ Sorry, my English is bad”
“ Sorry my grammar is not good”
“ Sorry I make many mistakes”
“ Sorry, my pronunciation is not good” dan masih banyak lagi kalimat- kalimat yang menandakan ketidak percaya dirian seseorang. And guess what? Ketika kamu katakan hal tersebut kamu akan semakin memperhatikan kesalahan yang kamu lakukan, bahkan yang belum kamu lakukan. Artinya? Secara tidak sadar kamu telah membuat dirimu sendiri untuk membuat kesalahan lebih banyak dan kamu secara sadar memperhatikan kesalahan tersebut. Jika hal ini kamu biarkan dan terus berlanjut, maka kamu akan semakin ga PD bicara bahasa Inggris.

2. Praktek di Situasi Santai dan Buatlah Kesalahan.
Belajar bicara bahasa Inggris tanpa membuat kesalahan? Berarti kamu di jalur yang salah.
Katakan pada dirimu sendiri, bahwa membuat kesalahan dalam grammar, pengucapan dan
susunan kalimat adalah hal yang sangat wajar, karena kamu sedang dalam proses belajar.
Semakin banyak kesalahan yang kamu tahu, maka semakin cepat bahasa Ingrismu berkembang, karena kamu bisa mengucapkannya dengan lebih baik di lain waktu. Praktekkan bahasa Inggrismu di situasi di mana kamu bisa bebas membuat kesalahan dan mengkoreksi kesalahan-kesalahan tersebut. Lalu ucapkan berulang-ulang kalimatnya yang benar, sehingga lain kali kamu menjadi benar saat mengucapkan kalimat tersebut secara spontan.

3. Terus Bicara Agar Semakin Percaya Diri.
Jangan menunggu untuk merasa percaya diri, baru bicara. Tapi, bicaralah maka
percaya diri akan muncul. Rata-rata siswa akan mengatakan hal ini “tapi, saya belum PD” . Well, segera buang konsep ini, karena jika kamu selalu menunggu untuk merasa percaya diri, kamu bisa menunggu sampai tua.

Jika kamu menuggu untuk bagus bahasa Inggrismu, kemudian kamu baru akan praktek berbicara banyak, hal itu tidak akan pernah terjadi. Jadi biasakan untuk selalu memulai, dan semakin sering kamu praktek maka percaya dirimu akan semakin tinggi. Jangan malu untuk memulai percakapan dengan siapapun.

4. Bercerita Sendiri Lalu Rekam Suaramu.
Seringlah bercerita sederhana dalam bahasa Inggris, lalu rekam suaramu.
Sahabat, percaya atau tidak terkadang saat kita berbicara, walaupun sudah sering praktek di asrama berbahasa Inggris, dan aktif di English Area dan kita merasa sudah oke, belum tentu demikian halnya dengan orang yang mendengar kita berbicara. Oleh karena itu, untuk melatih telinga kita agar mengenali suara yang tepat dalam bahasa Inggris, kita perlu mendengar suara kita sendiri dan mengkoreksinya. Cobalah bercerita hal-hal sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dulu. Berceritalah tentang makanan yang kamu makan, kejadian di restoran, atau ketika nonton di bioskop. Semakin sering kamu lakukan hal ini, maka kamu akan mengalami peningkatan percaya diri yang signifikan.